Ke Lombok Naik Kapal Legundi Murah Meriah

Uncategorized

Lombok mempunyai juta-an keindahan, baik alam atau budayanya. Untuk liburan kesana, kita harus menyiapkan itinerari spesial yang murah namun worth it. Saya sendiri lakukan solo traveling Bandung-Lombok naik kapal Legundi dengan anggaran mulai Rp150.000. Tidak yakin? Baca penjelasan saya berikut!

Awalannya saya pergi memakai kereta api Pasundan. Transportasi darat kelas ekonomi ini pergi dari Stasiun Kiaracondong ke arah Stasiun Gubeng dengan waktu perjalanan 16 jam 7 menit. Rinciannya, pergi jam 05.35 serta datang jam 21.42. Kita hanya butuh merogoh kocek sebesar Rp94.000, loh!

Sesampainya di Gubeng, saya langsung istirahatkan diri di stasiun. Memang dalam berlibur kesempatan ini, saya pilih ide backpackeran low anggaran, berarti saya berupaya memotong habis-habisan uang yang dikeluarkan, khususnya dibagian fasilitas. Untuk rekan-rekan yang ingin bermalam di penginapan, pasti disilahkan.

Berdasar info dari rekan yang tinggal di Surabaya, saya dapat memakai ojek online (ojol) untuk pergi ke Pelabuhan Tanjung Perak. Khasnya, lumayan banyak ojol yang tawarkan layanan tanpa ada aplikasi, plus harga dapat ditawar.

Awalannya saya sangsi sebab baru temukan semacam ini di sini serta keamanannya belum pasti terjamin. Tetapi kembali lagi, sebab irit, saya nekad memakai layanan ini. Nyatanya aman, justru lebih irit Rp5.000 dari harga aplikasi.

Untuk melintas ke Pelabuhan Lembar Lombok, saya akan naiki kapal Legundi yang disiapkan PT. ASDP Indonesia Ferry. Harga tiketnya ialah Rp87.000 tanpa ada makan. Jika ingin bisa paket makan 3 kali, kita cukup meningkatkan Rp30.000.

Berdasar info dari konsumen service kapal Legundi lewat WhatsApp, loket telah dibuka semenjak jam 09:00. Saya sampai di loket seputar jam 08:45 sebab saya harus cari loket pembelian kapal PT. ASDP di gedung yang tidak sama.

Setelah tiba di gedung loket, saya lihat antreannya telah memanjang sampai belakang. Sayapun turut antre, serta baru memperoleh ticket sesudah 2,5 jam, karena sangat jumlahnya yang ingin ke Lombok dengan kapal. Oh ya, janganlah lupa bawa kartu jati diri seperti SIM atau KTP.

Di agenda yang tercantum pada ticket, kapal akan pergi seputar jam 15.00. Ada waktu yang lumayan lama untuk menanti kapal itu, sampai pada akhirnya saya putuskan untuk jalan-jalan di seputar gedung pelabuhan.

Salah satunya tempat yang dapat dicoba adalah SNQ (Surabaya North Quay). Lokasi ini dapat dimasuki dengan bayar ticket Rp10.000. Sebelum naik kapal Legundi, sebaiknya rekan-rekan dapat singgah sini supaya bisa nikmati panorama seputar pelabuhan.

Dari ticket sebesar Rp 10.000 itu, penumpang dapat menukarnya dengan makanan atau minuman yang ada di foodcourt di lantai yang sama juga dengan situasi lebih dingin serta bersih. Disamping itu proses pembayaran juga bisa memakai uang tunai atau OVO.

Dibanding harus berdesak-desakan dengan penumpang lain di lantai bawah, saya anjurkan pengunjung untuk santai sesaat di lokasi ini. Jangan cemas tertinggal kapal, faksi pelabuhan selalu up-date info keberangkatan, kok!

Perjalanan kapal akan diawali saat persiapan, distribusi, serta penelusuran keadaan kapal telah usai. Walau direncanakan pergi jam 15.00, tetapi waktu keberangkatan bisa telat, tergantung kondisi.

Beberapa solo travelers seperti saya harus pandai-pandai cari tempat, mengingat waktu perjalanan sampai seputar 21 jam. Di kapal sendiri disiapkan kamar VIP, tetapi harus keluarkan uang makin banyak . Penumpang dapat pilih tidur di sofa, bangku kayu, atau dek disamping kapal. Untungnya, saya berjumpa dengan keluarga yang sudi sediakan satu sofa di samping mereka untuk menjadi tempat tidur saya.

Kapal ini telah dibuat dapat melalui lautan beberapa hari. Di sini telah disiapkan bermacam sarana seperti toilet, kantin, musala, TV, AC, stopkontak, sampai persewaan tikar.

Demikian pengalaman saya solo traveling ke Lombok naik kapal Legundi. Tertarik mencobanya? yuk selekasnya lihat jadwal kapal legundi terbaru di keepcornwallwhole.org agar dapat membeli tiket dijauh hari agar tidak kehabisan.